Rabu, 02 Mei 2012

Fenomena Drifting yang Mulai Menggila di Tanah Air

Drifting di Indonesia Pertama kali ditenarkan di Jepang, drifting kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya, mulai dari Amerika Serikat hingga Selandia Baru. Bagi pengikut ajang balapan, fenomena drifting ini memang sudah mengggema sampai tanah air. Berbagai video disebarkan, berbagai berita dari majalah luar negeri juga digunjingkan. Drifting pun menjadi buzz yang dibicarakan dan juga dicoba di berbagai tempat. Sebagai sesama negara Asia,  drifting sendiri mendapat tempat.

Salah satu drifter lokal dalam ajang adu ngepot.

Beberapa tahun belakangan ini prestasi Indonesia di bidang olahraga memang terasa menurun, khususnya di beberapa bidang yang dulunya menjadi jagoan. Namun soal olahraga otomotif, ada saja prestasi internasional yang diukir oleh atlet lokal setiap tahunnya. Salah satu cabang yang seringkali menjadi lahan basah prestasi adalah drifting. Bahkan drifting masuk dalam daftar dalam biro pariwisata versi Ikatan Motor Indonesia.

Pembalap rally profesional, Rifat Sungkar juga turut memberi sumbangsih penghargaan tingkat internasional di ranah drifting. Nama besarnya membuat olahraga ini pun makin dikenal oleh publik. Baru-baru ini, ia bersama rekan-rekannya penggiat otomotif turut menggagas dibentuknya Komisi Drifting Indonesia, demi mengembangkan olahraga ini di tanah air. Komisi ini yang nantinya menjadi ujung tombak dari meningkatnya hype drifting di Indonesia.

Prestasi drifting Indonesia juga dibuktikan dari diadakannya berbagai ajang kompetisi tiap tahunnya di berbagai kota di Indonesia. Bahkan pada tahun 2011 silam, Indonesia menjadi tuan rumah pada seri kedua ajang bergengsi Achilles Formula Drift Asia. Menjamu drifters profesional dari berbagai belahan dunia jelas bukan hal yang main-main. Ini membuktikan bahwa Indonesia dinilai memiliki animo tinggi pada jenis balapan mobil yang masih terbilang baru ini.

Dengan konsep Sport and Entertainment, seri Formula Drift Asia ini tak cuma menyuguhkan aksi-aksi drifters profesional dalam memperebutkan hadiah dan gelar namun juga pameran otomotif dan hiburan dengan DJ profesional. Yang unik, beberapa artis dan selebriti lokal diundang untuk mencoba drifting. Tujuannya untuk menularkan kegilaan akan olahraga ekstrem ini pada lebih banyak lagi orang tampaknya berhasil tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar